Rabu, 04 Juli 2012

LAPORAN PELAKSANAAN TEBAR QURBAN INSAN BERBAGI


GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA
10 DZULHIJAH 1432 H / 6 NOVEMBER 2011 LAPORAN PELAKSANAAN TEBAR QURBAN
INSAN BERBAGI 


“Demikianlah, dan barang siapa mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah, maka sesungguhnya itu bermula dari ketaqwaan hati.” (QS. Al Hajj:31)

LATAR BELAKANG
Idul Adha merupakan hari besar umat muslim seluruh dunia yang dirayakan dengan penuh khidmat dan ketundukan hati. Salah satu momen penting dalam pelaksanaan Idul Adha yang disyariatkan oleh Allah swt adalah penyembelihan binatang qurban. Penyembelihan binatang qurban dalam Idul Adha ini sifatnya ta’abbudiyy yakni telah ditetapkan Allah dan rasul saw jenis binatang qurbannya demikian juga kriterianya serta waktu dan tempat penyembelihannya. Di samping sifatnya yang ta’abbudiyy, ia juga memiliki ‘illat dan unsur illat ini bisa dikatakan sama kuatnya dengan unsur ta’abbudiyy-nya. Unsur ‘illat ini adalah kemanfaatan optimal yang hendaknya diraih oleh kaum muslimin melalui penyembelihan binatang-binatang qurban sebagaimana diisyaratkan oleh firman Allah:
“Makanlah sebagian darinya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya dan yang meminta.” (QS. Al Hajj:36)
Dalam rangka meraih kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi kaum muslimin, dalam kegiatan penyembelihan ini maka Insan Berbagi (IB) membuat program Tebar Qurban.
Seperti kita ketahui bersama, penyebaran kemakmuran di Indonesia khususnya di Yogyakarta belumlah merata. Satu sisi, ada kelompok masyarakat makmur yang mendiami suatu tempat tertentu sementara di tempat lain belum seberuntung yang lainnya. Keadaan ini menyebabkan penumpukan hewan qurban di beberapa tempat tertentu misalnya kantung-kantung orang berpunya di kota dan sekitarnya dan tidak tersalurkan sebagaimana mestinya. Program ini bertujuan untuk menghilangkan kesenjangan tersebut sehingga penyebaran kemanfaatan dari sembelihan qurban dapat benar-benar sesuai dengan yang digariskan oleh Allah dan rasul-Nya. “Makanlah, simpanlah, dan sedekahkanlah” (HR.Muslim, 2930). Oleh karena itu porsi antara yang dimakan oleh shohibul qurban, dihadiahkan kepada orang mampu dan disedekahkan kepada orang miskin sesuai dengan porsinya.

PENGUMPULAN HEWAN QURBAN
Dalam rangka memperoleh hewan qurban yang akan disalurkan, Insan Berbagi mengundang relawan IB sendiri, keluarga, teman-teman, atau anggota masyarakat untuk menjadi donatur binatang qurban.
Pengumpulan ini dilaksanakan mulai sebulan sebelum Idul Adha dengan cara menyetorkan uang ke Insan Berbagi ataupun menyerahkan hewan qurban. Untuk berserikat dalam pembelian sapi adalah Rp 1.300.000,00 per orang sedangkan untuk kambing mulai dari harga Rp 1.000.000,00.
Akhirnya, terkumpulah 37 donatur yang terbagi 7 orang berserikat dalam satu sapi, 29 orang menyetor uang dalam pembelian kambing, dan satu menyerahkan dalam bentuk hewan qurban kambing.
Para donatur tersebut adalah

Berserikat sapi (Rp 1.300.000,00/orang)
  1.  
    1. Agus Prihantoro
    2. Slamet Riyanto
    3. Matahari Farransahat
    4. Roselelawaty Harahap
    5. Elizar
    6. Rys Ulfian Ahmed
    7. Sri Widayanti

Kambing
Harga Rp 1.500.000,00
  1. Himawan Laksana D.
  2. Raden Widardi Herbowo
  3. Bimo Saroyo
  4. Elisa Anggraeni
  5. Sugiyono
  6. Andri Krisnadi

Harga Rp 1.400.000,00
  1. Ibu Meiyanti
  2. Fathoni B Satriyo
  3. Muhammad Akbar F

Harga Rp 1.300.000,00
10.  Ronny Nugroho
11.  Ari Afriadi
12.  Ahmad Shodikin
13.  Muchtar Effendi.

Harga Rp 1.250.000,00
14.  Sudjarwadi
15.  Priyo 1
16.  Priyo 2
17.  Kirno
18.  Permadi
19.  Arifin

Harga Rp 1.200.000,00
20.  Adi Joko
21.  Harinto
22.  Nur Aini
23.  Supardjono bin Hardjosujono
24.  Atikah Chaeron

Harga Rp 1.000.000
25.  Etik Sumawati
26.  Shinta Alifianti
27.  Nurul Hasanah
28.  Mei Nur Haryanto
29.  Tadabbar Khanadi


PELAKSANAAN KEGIATAN 
Pembagian binatang qurban dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 November 2011 pada waktu sekitar jam 16.00 (setelah sholat ashar berjama’ah). Tempat pembagian di Masjid Istiqomah, Pocung, Kayu Gerit, Terbah, Pathuk, Gunung Kidul. Tempat ini dipilih karena masjid ini merupakan waqaf dari Saudara Teuku Muhammad Iqbal yang diamanahkan kepada Insan Berbagi untuk pembangunannya.
Teknis pembagian adalah memanggil panitia qurban dan takmir masjid sekitar yang mendapat donasi dari kecamatan Pathuk, Rongkop, dan Gedangsari untuk berkumpul di Masjid Istiqomah.
Pembagiannya adalah sebagai berikut:
1. Kecamatan Rongkop, Gunung Kidul
Di Dusun Kedung Desa Botodayaan, kecamatan Rongkop terdiri dari 75 kepala keluarga mendapat donasi 4 kambing yaitu dari Bapak Sugiyono, Muchtar Efendi, Etik Sumawati, dan Tadabbar Khanadi.

2. Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul
a. Jama’ah masjid Al Barokah, dusun Telogo, Sido Mulyo, Kelurahan Sampang, Kecamatan Gedangsari yang berjumlah 54 kk mendapat donasi 4 kambing yaitu dari Bapak Himawan, Ahmad Shodikin, Supardjono bin Hadjosujono, dan Priyo.
b. Jama’ah Masjid Arafah, Sido Mulyo, Sampang, Gedangsari yang berjumlah 42 kk mendapat donasi 3 kambing yaitu dari R. W. Herbowo, Fathoni B Satriyo, dan Arifin.
c. Jama’ah Masjid Al Ikhlas, Kayen, Sampang, Gedangsari yang berjumlah 60 kk mendapat donasi 3 kambing yaitu dari Elisa Anggraeni, Atikah Chaeron, dan Priyo.
d. Jama’ah Masjid Nurul Iman, Dawung, Serut, Gedangsari yang berjumlah 75 kk mendapat donasi 2 kambing yaitu dari Meiayanti dan Nurul Hasanah.
e. Jama’ah Masjid At Taqwa, Suruh, Sukorejo, Hargomulyo, Gedangsari yang berjumlah 77 kk mendapat donasi 4 kambing yaitu dari Bimo Saroyo, Muhammad Akbar F., Kirno, dan Permadi. 
f. Jama’ah Masjid An Nur, Dusun Mongkrong, Sampang, Gedangsari yang berjumlah 120 kk mendapat donasi 2 kambing yaitu dari Andri Krisnadi dan Mei Nur Haryanto.

3. Kecamatan Pathuk, Gunung Kidul
a. Jama’ah Masjid Al Ikhlas, Karang, Terbah, Pathuk yang berjumlah 70 kk mendapat 1 sapi yaitu dari Agus Prihantoro, Slamet Riyanto, Matahari Farransahat, Teuku Muhammad Iqbal, Ummi dari Ari Afriadi, Ibu Widayanti, dan Rys Ulfian Ahmed.
b. Jama’ah masjid Istiqomah Pocung, Pathuk yang berjumlah 58 kk mendapat donasi 5 kambing yaitu dari Ari Afriadi, Ronny Nugroho, Sudjarwadi, Nur Aini, dan Desti Wahyu Kurniawati.
c. Jama’ah Masjid Al Mu’minun Kayu Gerit, Terbah, Pathuk yang berjumlah 54 kk mendapat donasi 3 kambing yaitu dari Adi Joko, Harinto, dan Shinta Alifianti.

Pembagian kambing dilaksanakan setelah Sholat Jama’ah Ashar di Masjid Istiqomah, Pocung, Terbah, Pathuk. Alasan mengapa pembagian dalam bentuk hewan qurban yang masih hidup bukan dalam bentuk daging yang sudah dalam paket ialah sebagai berikut: 
  1. Agar masyarakat penerima donasi bisa merasakan, melaksanakan, dan mengagungkan syi’ar-syi’ar Allah secara sempurna
  2. Masyarakat bisa melaksanakan penyembelihan sesuai dengan syari’at yang telah ditentukan oleh Allah dan rasul-Nya.
  3. Mempererat tali ukhuwah, karena saat penyembelihan masyarakat dapat berkumpul, bergotong royong, mulai dari penyiapan tempat, pendirian tenda, penyembelihan dan pembagian daging secara bersama-sama.
  4. Memotivasi masyarakat penerima donasi yang berkelapangan untuk bisa ikut qurban pada tahun-tahun berikutnya.
  5. Masyarakat mendapatkan pengalaman ruhiyah dalam peringatan Idul Qurban sehinga menambah keimanan mereka
Hal ini semua tidak akan tercapai apabila Insan Berbagi melakukan penyembelihan di suatu tempat dan membagi-bagi dagingnya dalam bentuk paket kepada masyarakat yang menerima donasi.


KEGIATAN SORE HINGGA MALAM IDUL ADHA
  •  
  • Melaksanakan buka bersama puasa Arafah antara relawan Insan Berbagi bersama masyarakat sekitar baik anak-anak, remaja, orang tua di Masjid Istiqomah dengan makan secara kembulanmenggunakan 9 tumpeng untuk mempererat tali ukhuwah islamiyah.
  • Menyebar relawan IB pada waktu ba’da Isya untuk mengadakan taklim dengan materi tentang Fiqh Qurban sehingga dalam pelaksanaan kegiatan ini, masyarakat semakin menjadi lebih paham dan mengerti bagaimana cara berqurban yang baik mulai dari pengenalan hukum qurban, jenis-jenis hewan, syarat-syaratnya, pelaksanaan, tata cara penyembelihan, dan pembagian daging qurban.
  • Pada Malam hari melaksanakan takbiran bersama masyarakat.

KEGIATAN IDUL ADHA TANGGAL 6 NOVEMBER 2011
  • Sholat Ied dilaksanakan dengan membagi relawan Insan Berbagi pada tiga tempat yakni di Desa Botodayaaan, Rongkop, Gunung Kidul dan Lapangan Desa Dusun Telogo, Sido Mulyo, Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul serta Lapangan SD Terbah, Pathuk, Gunung Kidul.
  • Setelah Sholat Ied dilanjutkan penyembelihan hewan qurban yang diawali oleh relawan Insan Berbagi sekaligus sebagai contoh bagi masyarakat tentang praktek penyembelihan hewan qurban yang sesuai dengan syari’at.
  • Acara ditutup dengan memasak santai bersama masyarakat sekitar dari daging yang merupakan hak shohibul qurban relawan Insan Berbagi yang ikut dalam kegiatan ini dari awal hingga akhir.

PENUTUP
Kami segenap panitia tebar kurban IB mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua shohibul kurban, InsyaAllah tahun depan kami dapat selenggarakan lebih baik lagi. Jazakumullah Khoiron katsiro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar